Tekanan Dalam Fluida

Tekanan Yang Terjadi Dalam Fluida
Misalkan kita sedang berendam di dalam air, apa yang kita rasakan? Seolah-olah air menekan seluruh tubuh kita yang bersentuhan dengan air. Tekanan ini semakin besar apabila kita masuk lebih dalam ke dalam air. Fenomena apa yang ada dibalik peristiwa ini?
Pernyataan ini mengandung pengertian bahwa tekanan yang terjadi dalam fluida yaitu tekanan yang disebabkan oleh fluida itu sendiri. Fluida memberikan tekanan terhadap benda yang berada di dalamnya. Pengertian ini diperluas menjadi tekanan pada fluida tergantung pada ketebalannya atau lebih tepatnya kedalamannya.

1. Tekanan Hidrostatis


Dari gambar diatas manakah gelas yang lebih berat?
Gelas yang tidak terisi air (I) terasa ringan, sedangkan gelas yang terisi air terasa berat. Peristiwa tersebut menunjukan bahwa air (zat cair) memberikan gaya tekan yang arahnya kebawah kepada telapak tangan. Pada fluida diam (Fluida Statis), tekanan pada suatu titik disebabkan oleh gaya berat fluida yang di atas titik tersebut. Tekanan yang disebabkan oleh fluida tidak bergerak (diam) disebut Tekanan Hidrostatis.
Perhatikan video berikut ini...!



2. Tekanan Atmosfer
Tekanan atmosfer (tekanan udara) adalah tekanan yang disebabkan oleh udara yang ada di sekeliling bumi terhadap permukaan bumi dan segala sesuatu yang ada di bumi termasuk benda dan manusia. Udara/atmosfer terdiri dari gas-gas yang juga merupakan bentuk dari fluida. Tepat diatas permukaan laut, atmosfer/udara memiliki tekanan yang paling besar diantara daerah lain. Semakin tinggi dari permukaan air laut, semakin kecil tekanan atmosfernya.
Perhatikan video berikut ini...!